Sampaikan Pesan Islam Rahmatan lilalamin, Mwcnu Ngaliyan Disambut Hangat Jamaah Masjid Al-Fatah Purwoyoso.

0

 


NGALIYAN.NUNgaliyan.com- Safari Ramadhan Mwcnu Ngaliyan putaran kedua dilaksanakan Sabtu 08/04/2023 di masjid Al-Fatah Purwoyoso. Secara geografis Masjid Al-Fatah termasuk masjid yang terletak  di wilayah perkotaan Semarang. Tepatnya masjid Al-Fatah berlokasi di Jl. Taman Srikaton No. 13 Purwoyoso.


Wilayah perkotaan ini, menyebabkan jamaah masjid Al-Fatah sangat heterogin, dari aspek ekonomi dan pemahaman keagamaannya.


Rangkaian safari Ramadhan dimulai dengan sholat Isya, Tarawih dan witir berjamaah. Lalu dilanjutkan dengan maudhah hasanah dan santunan.


Gus Sa’dulloh dalam ceramahnya menyampaikan pesan pentingnya mengamalkan Islam rahmatan lilalamin (Q.S. Al-Anbiya ayat 107). Menurutnya Islam adalah agama yang sangat menekankan ajaran kasih sayang kepada seluruh manusia.


Ajaran Islam rahmatan lilalamin ini pula yang dikembangkan para kiyai NU sejak dulu. Para kiyai dalam dakwahnya dengan cara merangkul bukan memukul, sehingga seluruh umat Islam baik dari kalangan berilmu, masyarakat umum bahkan preman sekalipun merasa terbimbing, paparnya.


Begitu pula para kiyai selalu mensikapi perbedaan yang terjadi di tengah masyarakat sebagai rahmat. Ketika perbedaannya terkait perkara pokok agama diselesaikan dengan dialog. Sedangkan perkara khilafiyah dengan saling menghormati.


“Perbedaan di tengah masyarakat tidak boleh menjadi sumber perpecahaan melainkan harus menjadi sumber kekayaan yang dapat menguatkan kelompok satu dengan lainnya” tandasnya.


Suprapto selaku takmir dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa senang dan terimakasih atas kegiatan Mwcnu. " Kami mengucapkan terimakasih, kegiatan ini menambah keharmonisan dan kebahagian bagi kami dan jamaah. Dengan kegiatan ini semakin paham bahwa islam adalah agama yang ramah bukan agama yang seneng marah", tegasnya.


Pengurus Mwcnu yang turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya; K.H. Moh Sapari (Rois Syuriyah), K. H. Masduki (Musytasyar), Agus Khunaifi (Ketua), Sunarto (Sekretaris), Kholif Usman (Bendahara), H. Ma’ruf (Wakil Ketua).   

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top