Musyawarah Anak Ranting, Wujudkan Program Turba NU Gondoriyo

0

 


NGALIYAN. NUNgaliyan.com- Musyawarah Anak Ranting NU RW 12 di wilayah Ranting NU Gondoriyo dilaksanakan hari Kamis (16/3/2023) pukul 20.00-22.00 WIB di rumah Bapak Zainal Arifin, Jl. Bukit Beringin Selatan XIV Blk G no-126 Kelurahan Gondoriyo adalah upaya untuk mewujudkan program Turun Bawah (Turba) NU Ranting Gondoriyo.

Terbentuknya kepengurusan Anak Ranting NU RW 12 yang telah dilantik pada tanggal 19 Febrruari 2023 merupakan salah satu program kerja NU Ranting Gondoriyo dalam rangka mensosialisasikan NU dan kiprahnya di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah jamaah NU yang beramaliyah ala NU tetapi belum sepenuhnya memahami NU secara organisasi.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh ketua Tanfidziyah, Zainal Arifin, dia mengatakan bahwa masyarakat kita masih butuh belajar tentang NU walaupun selama ini amaliyah yang mereka lakukan adalah alamiyah NU. “ Kami masih butuh bimbingan belajar tentang NU, amaliyah kami sejak dulu adalah amaliyah NU, tetapi kami belum tahu banyak tentang NU”, tandasnya. Untuk selanjutnya pejelasan tentang ke NU an dan program-programnya disampaikan oleh M. Sunarto, yang diberi mandat sebagai Rais Suriyah. 

Dalam kesempatan tersebut, pengurus lain juga menanyakan bentuk-bentuk program NU yang biasa diterapkan di tingkat arus bawah. Yang paling banyak dibahas adalah program-program rutinan seperti yasin-tahlil, manaqib, mujahadahan, dan juga muncul pertanyaan tentang Lazisnu. Dari pertanyaan-pertanyaan itulah masalah muncul dan akhirnya menjadi bahasan yang cukup panjang dengan hasil kesepakatan yang bisa diterima semua peserta musyawarah.

M. Jakfar Shodiq selaku wakil Rais mengusulkan agar diadakan kegiatan rutin  sebulan, dua bulan, atau tiga bulan sekali agar eksistensi ke NU an di Anak Ranting terlihat. “ Saya usul agar di Anak Ranting NU Gondoriyo RW 12 ini mempunyai kegiatan rutin agar masyarakat mengetahui bahwa NU mempunyai kegiatan”, tandasnya. 

Beda dengan Jakfar, Sukarno yang diberi amanat di Lembaga Upzisnu meminta penjelasan sedetail-detailnya tentang Upzisnu. “ Mohon kami diberi penjelasan tentang tugas yang diberikan ini, karena terus terang kami belum ada gambaran bagaiman memgelola Upzis di lingkungan kami”, keluhnya. Setelah diberikan penjelasan tantang masalah yang disampaikan, dia memahami dan menerima tugas dengan baik dan terus akan belajar tentang tugas barunya. Adapun masalah-masalah lain tentang kondisi NU di Anak Ranting NU Gondoriyo RW 12 akan menjadi bahasan dalam pertemuan-pertemuan berikutnya. 

Hadir dalam musawarah tersebut Ulin Nuha (Wakil Rais), M. Mahfudz ( Katib), Sukis Pudianto (Wakil Katib), Joko Sutopo (A’wan), Rudianto (Wakil Sekretaris), Sigit Sriyanto (Wakil Bendahara), Sukirno (LPNU). MS. 





Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top